Hikmah tayyamum

Diposting oleh Kang Awin on Selasa, 23 Oktober 2012


Kata tayamum menurut bahasa sama dengan al-qashdu yang berarti menuju,menyengaja. Menurut pengetian syara’ tayamum adalah menyengaja (menggunakan) tanah untuk menyapu dua tangan dan muka dengan niat agar dapat mengerjakan shalat dan sepertinya.

Salah satu ciri yang menonjol pada islam yang tidak terdapat pada agama lain,baik sebelum islam maupun agama yang ada sekarang adalah adanya tayamum.

Banyak hikmah yang dapat dipetik antara lain:

*Untuk menunjukkan sifat Rahman dan Rahim Tuhan,bahwa syariat islam itu tidak mempersulit umatnya. Manusia diperintahkan melaksanakan ajaran agama sesuai kesanggupan. Bila tidak ada air atau dalam keadaan sakit yang tidak bolh menggunakan air maka Allah memberikan kemudahan dengan mengunakan debu pengganti air.

*Menyadarkan akan asal manusia diciptakan,bahwa dirinya diciptakan dari tanah. Ini berarti menuntut manusia agar tidak sombong.

*Memberikan kesadaran bahwa manusia tidak ada alasan untuk meninggalkan ibadah.

Untuk mengetahui hikmah-hikmah bersuci dari hadats yang lebih banyak lagi cobalah anda praktikkan. Agar anda bisa merasakan dan menghayati hikmah-hikmah yang terkandung didalamnya. (http://ridwanone.blogspot.com/)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...